REGISTER!

News

Home  /   News  /  Tanggapi Petisi Louvre, Moonton Ungkap Rencana MPL S4

Tanggapi Petisi Louvre, Moonton Ungkap Rencana MPL S4

Tue, 09 Jul 2019 | admin

Kemarin komunitas Mobile Legends Indonesia dihebohkan dengan terbitnya petisi dari Louvre Esports untuk menolak pembayaran slot 15 milyar Rupiah agar bisa bertanding di Mobile Legends Pro League (MPL) Season 4 mendatang.

Selain keberatan dengan syarat yang sangat membebankan tersebut, petisi ini juga mengungkap kemungkinan terjadinya monopoli turnamen oleh Moonton Indonesia. Sehingga bisa berakibat merusak pada regenerasi pemain dan kurang maksimalnya performa para atlet esports. Hingga hari ini petisi tersebut sudah menerima dukungan sekitar 33.000 orang. Mau tak mau, Moonton pun akhirnya angkat bicara dan rilis klarifikasi resmi ke publik via Facebook.

Setelah tiga musim berlangsung, Moonton berencana untuk meningkatkan kualitas dari MPL Indonesia dan siap menerapkan sistem kompetisi baru yang membutuhkan investasi awal dari tim-tim peserta. Pemodalan ini mirip dengan model liga-liga esports di luar negeri (contohnya Overwatch League dan League of Legends). Model shared-revenue akan diterapkan dengan lebih dari 50% dari seluruh pendapatan liga baik dari sponsor ataupun hak penyiaran akan diberikan kepada tim yang berpartisipasi.

Investasi senilai 15 milyar Rupiah ini akan munculkan banyak inisiatif yang telah direncanakan oleh Moonton kepada komunitas. Proses penentuan tim mana yang dapat berpartisipasi dalam kompetisi jadi hal tersulit. Karena, menurut Moonton, delapan tim yang nanti terpilih masuk MPL tak hanya sekedar mampu membayar, namun juga menunjukkan tekad membangun komunitas esports terbaik di Asia Tenggara secara bersama. 

Moonton juga menegaskan bahwa pihak ketiga tetap bisa menjalankan turnamen MLBB di luar dari dukungan mereka, sebagaimana yang telah berjalan hingga saat ini. Sang developer memberikan kebebasan selama peraturan dan regulasi tetap dipatuhi oleh pihak penyelenggara dan berkenan untuk kontrol kualitas acara, profesionalisme, serta waktu, sehingga tidak saling bentrok demi menjaga keseimbangan kompetitif.

Terakhir, pihak Moonton sangat menyayangkan pihak-pihak yang dianggap telah menyebarkan informasi palsu dan berujung pencemaran nama baik ini. Oleh karenanya, bila dirasa perlu, mereka juga akan ambil tindakan hukum untuk melindungi komunitas dan kerugian yang diakibatkan oleh berita palsunya. 


Secara garis besar, Moonton menganggap langkah investasi ini ditujukan untuk menciptakan sebuah liga pertandingan yang lebih layak untuk diterima oleh masyarakat. Selain itu juga dapat menciptakan inovasi-inovasi baru guna menjamin kelanggengan kompetisi Mobile Legends selama beberapa tahun ke depan.

Namun, ini sendiri baru informasi searah yang dikeluarkan oleh Moonton, sementara salah satu ekskresi dari petisi yang digagas oleh Louvre Esports juga meminta adanya wadah mediasi, sebagai sarana untuk bisa saling tukar ide dan kritik membangun agar terjadi kesepahaman. Sepertinya, jadwal konferensi pers MPL Season 4  yang berlangsung tanggal 23 Juli 2019 akan sangat menarik ya!

News Lainnya





















































































© IndiHome 2019